CATATAN AKHIR SEMESTER

*Felix Nesi

Wah, saya sedang mengalami tekanan berat karena baru saja selesai satu semester dengan nilai yang wah, kurang memuaskan. Soal-soal ujian UAS SP mata kuliah psikologi klinis itu sudah paling gampang saya baca terus sejak kemarin tapi begitu sampai kelas saya blank, tetap aja salah beberapa point. Sial. Padahal tak ada satu tuyul pun yang mengganggu konsentrasi saya.
Tak apa anggaplah ini sebagai semester pemanasan mengingat saya tak pernah masuk kuliah setahun lamanya. Hahaha. Excuse? Mukamu excuse! Untuk menghilangkan stres saya, berikut garis besarnya mata kuliah yang saya ikuti.

  1. Psikologi Klinis
    Ini saya tulis duluan karena merupakan mata kuliah yang menjengkelkan di semester ini. Saya telat. Bukan telat masuk kelas. Tapi telat mendapatkan bahan-bahan. Entahlah, mungkin karena saya tidak masuk dua kali jadi memang demikian. Selalu udah selesai ujian baru saya ketemu bahannya: Loh ini kan yang tadi ada? Terus dulu waktu UTS, astaga saya salah ruangan. Saya telat dan menunggu begitu lama di depan ruang 8 eh orang-orang keluar dari ruang 4. Astaga. Dosen pengasuhnya Ardhiana Puspicandri, yang terkenal sangat ehem. Ia mengawali mata kuliah dengan pengertian psikologi klinis dari Witmer, lalu berlanjut sampai intervensi. Sempat juga dikasih tentang psikologi makro, psikologi komunitas. Tentang psikologi komunitas baiklah akan saya bahas di hari lain, karena lumayan menarik. Nilai saya D. Tenang saja sudah saya SP. Mungkin C+ hasilnya, hahah. Mudah-mudahan. Saya berniat membuatnya menjadi A tahun depan.
  2. Psi. Psikoanalisis dan Behavior
    Nah kalau yang ini diasuh Pak Yoyon, dosen kesayangan Ardelia Affanda. Membahas khusus tentang terapi psikoanalisis dan behavior.
  3. Metodologi Penelitian
    Metodologi penelitian diasuh Bu Fabiola, dekan dan doktor lulusan mana gitu, lupa. Membahas tentang teknik-teknik penelitian. Wah, lumayan, nilai saya. Walau gak bagus. Oh no.
  4. Manajemen Sumber Daya Manusia
    Ini ni, mata kuliah kesayangan mereka yang tertarik pada psikologi industri. Haduh, dosennya orangtua pak siapa, aduh lupa, sorry pak. Di depan dosen ini kamu selalu salah pokoknya. Beliau sangat suka mengajak diskusi, ngasih pertanyaan-pertanyaan absurd tentang manajemen SDM yang gak ada teorinya di buku. Ujiannya aja disuruh menganalisis tentang demo buruh. Ya agak Gusdurian bapak ini.
  5. Modifikasi Perilaku
    Bagaimana memodifikasi perilaku orang. Dari yang perokok, diusahakan menjadi yang gak perokok, dsb. Ada banyak metode modifikasi, diantaranya Chaining, Fading, Shaping, (Cognitive Behavior Therapy), dan beberapa yang lain.
  6. Manajemen Stres
    Saya suka memamerkan mata kuliah ini ke orang-orang fakultas lain. Keren namanya. Kalau ada anak Fakultas Hukum yang tanya di lorong kampus: Kuliah apa? Mau itu hari senin selasa rabu kamis jumat jawab aja: Manajemen stres! Pasti mereka kaget dan ketar-ketir.
    Dosennya Nawang Warsih, menekankan satu hal penting: “Lakukan program manajemen untuk orang yang benar-benar membutuhkan, yang gak bisa menolak situasi stresor mereka, seperti penderita kanker, orang di panti jompo dsb.”
    Jadi kalau kayak anak UKM yang atau organisasi mahasiswa yang cenderung menciptakan stresor sendiri tinggalin aja. Masih banyak yang membutuhkan.
  7. Psikologi Bakat dan Minat
    Anak-anak menyebutnya Bakmi. Singkatan lagi kan? Diasuh dosen…. em…. Agustin Rahmawati. Ah, saya mengetes Zenal dan Budi Suharsono. Testnya gampang boy, periksanya… beeehhhhh, sampai kagak tidur. Dibayar pun ogah saya ngulang lagi.
  8. Tes Grafis
    Tes Grafis diasuh oleh Bu Ari lagi. Yey. . Di sini dijabarkan tentang jenis-jenis tes grafis, lalu ada praktikumnya. Tes Grafis yang dikasih itu DAP, Baum dan Warteg. Saya mengetes Carolina Kristiana Dewi, cewek SMA Cor Iesu yang cantik itu. Mudah-mudahan nilai saya baguslah. Meskipun setelah melihat hasil gambar saya sendiri saya ternyata memiliki kecendrungan Schizo yang tinggi. Oh no.
  9. Psikologi Konseling.
    Ah, ini tentang bagaimana menjadi konselor yang baik. Hebatnya, Bu Khotimah, dosen mata kuliah ini ngasih lebih banyak praktikum daripada teori. Lalu setelah praktikum, ada waktu LPJ-an, mempertanggungjawabkan hasil. Di sini ada evaluasi dan sharing, curhat secukupnya. Jadi mari curhat, udah ngerti teorinya, walaupun prakteknya nanti entah ya. Tapi keren. Andai semua dosen pake LPJan…
  10. Konsep aku.
    Ini pengolahan diri, Boy. U know what. Kalo gak know ya udah. Aku juga lagi malas jelasin. Mana laper lagi. Udah gitu bau kentut lagi. Wah, gak asik kawan-kawanku ini kentut sembarang tempat. Niru-niru orang bule. Lu pikir kentut sembarang tempat itu peradaban yang baik gitu? Dasar inlander! Mau aja dijajah sopan-santunnya sama orang bule!

Thats all, Boy. Salam satu jiwa.

3 thoughts on “CATATAN AKHIR SEMESTER

  1. Pingback: sufmuti

Bebas koment

