Makassar dan Orang-orang yang Mencintai Kebudayaan

Bagaimana saya menceritakan keindahan kota Makassar dan kebahagiaan yang saya dapat darinya. Bukan soal tata kota dan letak geografis yang menarik hati saya. Tapi animo anak muda pada seni dan kebudayaan.

Saya diundang sebagai penulis emerging Makasar Internasional Writers Festival (MIWF) 2015 bersama lima penulis muda lainnya yang bisa kau searching di google beta malas tulis. Sejak hari pertama, yang menarik perhatian saya adalah anak muda yang mencintai seni dan kebudayaan.

Ada acara treasure hunt yang mengharuskan peserta mencari situs2 kuno kota. Ini pesertanya banyak kalau kau lihat dokumennya, dan diikuti anak muda. Tiap malam acara ramai dikunjungi anak muda. Workshop2 dalam rangkaian acara padat dikunjungi anak muda. Saya jadi tahu, kenapa anak-anak Makasar yang kuliah di Malang kebanyakan aktif di komunitas-komunitas seni dan kebudayaan.

Cinta pada seni dan kebudayaan, akan membuat anak muda belajar banyak. Membaca yang banyak. Ini sebenarnya yang saya terjemahkan dari kata-kata Agus Noor sebagai fajar baru dari Indonesia Timur. Bahwa akan lahir budayawan baru dari Indonesia Timur. Orang-orang yang mencedaskan kehidupan satu atau dua orang di sisinya. Karena dia sudah dahulu belajar dan menjadi cerdas. Janganlah sebutkan yang muluk-muluk keluar di tivi dan sebagainya. Yang mondar-mandir pakai kain sarung urusi buku-buku dan ngajar anak-anak saja sudah romantis. Apalagi urusi Perahu Pustaka tempat orang baca itu istimewa bagi saya. Oh, kau bisa cari info tentang Perahu Pustaka. Itu puisi (baca: romantis) juga.

Tapi hp saya jatuh di resto, dan tubuh saya masih lemah. Wifi di hotel membuat saya tak tidur sehingga tubuh saya drop. Jika ini curhat, saya hanya ingin tidur di Bitauni. Bangun pagi, bakar pisang, semaikan lombok, ketawa-ketawa, istirahat lagi. Sakit yang lama akan membuatmu takut menjadi sehat.

Felix K. Nesi

Advertisements

Bebas koment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s